Sunday, January 13, 2019

Tipe-tipe Baterai pada sepeda motor



Tipe baterai sepeda motor di bedakan menjadi baterai tipe basah, tipe kering dan tipe AGM. Baterai adalah komponen sepeda motor yang berfungsi untuk menyimpan tenaga listrik yang di hasilkan oleh sistem pengisian. Pada dasarnya baterai merubah energi kimia menjadi energi listrik. Baterai juga berfungsi Sebagai penyedia tenaga listrik sementara dalam bentuk tegangan DC. Berikut adalah jenis-jenis baterai yang sering digunakan:
1. Baterai Tipe Kering
Baterai kering adalah baterai yang tidak perlu pengisian cairan elektriolit yang karna menggunakan plat CA dan electrolit gel yang lebih awet di bandinkan baterai basa. Baterai atau aki juga di sebut Maintenance Free Battery. Pengertian “kering” pada dasarnya kurang tepat karena masih menggunakan cairan H2SO4 sebagai fungsi utama pada baterai yakni menyimpan listrik. 

2. Baterai Tipe Basah
Baterai tipe basah adalah baterai yang perlu pengisian cairan elektrolit apabila habis. Batrai tipe ini berbeda dengan baterai tipe kering karna batrai ini menggunakkan plat Pb pada selnya yang bisa menyerap cairan elektrolit lebih banyak di bandingkan baterai tipe kering.

3. Baterai Tipe AGM (Absorbed Glass Mat)
Batrai tipe ini adalah Baterai yang menyimpan cariaran elektrolitnya dalam bantalan yang berbahan serat kaca. Seperti pada aki Optima yang mematenkan sistem AGM pada nama Spiral Wound, dimana bantalannya berbentuk Spiral.  
 

No comments:

Post a Comment