Wednesday, January 9, 2019

Pengertian Baterai Sepeda Motor Dan Komponenya



Baterai adalah komponen sepeda motor yang berfungsi untuk menyimpan tenaga listrik yang di hasilkan oleh sistem pengisian. Pada dasarnya baterai merubah energi kimia menjadi energi listrik. Baterai juga berfungsi Sebagai penyedia tenaga listrik sementara dalam bentuk tegangan DC. Namun bila kita amati dengan detail batrai pada sepeda motor juga mempunyai fungsi Sebagai berikut:
  1. Untuk menghidupkan aksesoris, penerangan, dan sabaginya.
  2. Untuk menghidupkan sistem stater.
  3. Saat mesin hidup baterai juga Sebagai stabilator yang menggunakan alternator

Komponen baterai
1. Kotak baterai (case) adalah komponen baterai yang berfungsi untuk memegang sel dan menampung cairan elektrolit. Kotak batrai terbuat dari ebonite/damer sintetis.
2. Plat-palat (plates) adalah komponen baterai yang berfungsi menyimpan energi listrik. Plat baterai terdapat dua jenis yakni plat positif dan plat negative yang di pisahkan oleh separator.
3. Pemisah (Separator) adalah komponen baterai yang berfungsi untuk memisah antara plat positif dan plat negative agar tidak terjadi hubungan singkat antara plat positif dan plat negative.
4. air accu (elektrolit) adalah cairan pada batarai yabf berfungsi agar plat pada batrai dapat menyimpan energi listrik dengan melalui reaksi kimia. Pada cairan elektrolit batrai mengandung H2SO4 atau biasa juga di sebut dengan asam sulfat.
5. Sumbat ventilasi (caps) adalah tutup lubang yang berfungsi memisahkan gas hydrogen saat melakukan pengisian dan uap asam sulfat.
6. Terminal baterai adalah komponen baterai yang berfungsi untuk menyalurkan energi listrik dari baterai ke kabel. Terminal baterai di bedakan menjadi dua yaknik terminal postif dan terminal negative.
7. Tutup baterai adalah komponen baterai yang berfungsi menutup lubang pengisian pada air elektrolit pada batrai agar air elektrolit tidak keluar atau tumpah.

No comments:

Post a Comment