Sunday, January 13, 2019

Pengertian Dial Bore Gauge dan Cara Menggunakannya



Dial Bore Gauge adalah salah satu alat ukur yang digunakan untuk mengukur  keolengan diameter bagian dalam atau bagian luar suatu benda seperti Cilinder. Pengelompokan dial bore gauge memiliki dial gauge yang tertera dalam satuan Inggris atau metrik, sebuah rod yang dihubungkan ke dial gauge, tip yang dioperasikan oleh pegas pada ujung rod, dan perlengkapan pada tip. Perlengkapan digunakan untuk mengukur banyak ukuran lubang. Lubang yang berulir drat pada tip digunakan untuk menghubungkan perlengkapan. Panjang perlengkapan berubah ketika ukuran lubang yang akan diukur berubah. Pada bagian pinggir dial digunakan cap screw untuk meletakkan jarum indikator pada angka nol. Seperangkat master gauge digunakan dengan kelompok dial bore gauge. Pada umumnya, dial bore gauge digunakan untuk mengukur valve guide dan ukuran diameter dalam pada lubang.

Fungsi-Fungsi dari Dial Bore Gauge
a. Kerataan permukaan bidang datar
b. Kerataan permukaan serta kebulatan poros
c. Kerataan permukaan dinding silinder

Cara Menggunakannya Dial Bore Gauge
  1. Hal yang pertama untuk membaca dial gauge adalah dengan cara memutar casing pengukur untuk berada di jarum yang menunjukkan angka nol “0”.
  2. Yang kedua adalah dengan meletakkan dial gauge  pada magnetic stand.
  3. Pasang benda yang di ukur di Block V.
  4. Posisikan dial indicator pada Benda yang di ukur dan putar benda kerja yang di ukur.
  5. Baca hasil pengukuran pada dial indicator, apabila jarum dial indicator bergerak lihat hasil pergerakannya yang paling besar.
  6. Setelah melihaat gerakan yang paling besar berarti itu adalah jawaban keolenggan benda. 


No comments:

Post a Comment