Friday, August 24, 2018

jenis-jenis tang dan fungsinya


Jenis-Jenis Tang
Tang adalah alat yang di gunakan untuk memegang benda kerja dan memudahkan meknik dalam melakukan pekerjaanya. Rahangnya mempunyai gerigi untuk memegang beda rata, gerigi untuk memegang pipa, pemotong samping (side cutter),dan dua sambungan atau pemotong kabel (wire cutter). Alat ini juga bisa digunakan untuk melilit dan memotong kabel, menggenggam komponen-komponen bulat berukuran kecil dan membengkokkan logam yang tipis. Alat ini dikeahui dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Berikut adalah jenis-jenis tang.

Tang Potong (Side Cutting Plier)
Tang potong dapat digunakan untuk  melepaskan dan memasang cotter pin, memotong selang berdiameter kecil, pipa tembaga, baja berdiameter kecil, mengelupas isolasi dari kabel, dsb.Cutting jaw dibuat pada sudut di antara kedua  pegangan/gagangan. Tang potong tersedia dengan berbagai macam ukuran dan yang paling sering digunakan dengan ukuran panjang 7 inchi. Pivot pin telah dikunci secara permanen dan tidak bisa diatur supaya tidak terjadi kelonggaran pada jaw. Jaw mempunyai dua permukaan pemotong, tanpa jaw datar ataupun gigi pencengkeram, dan bersudut sekitar 200 terhadap handle.


Tang Kombinasi (Combination Plier)
Tang kombinasi adalah jenis pliers yang paling berguna. Rahangnya mempunyai gerigi untuk memegang beda rata, gerigi untuk memegang pipa, pemotong samping (side cutter),dan dua sambungan atau pemotong kabel (wire cutter). Alat ini juga bisa digunakan untuk melilit dan memotong kabel, menggenggam komponen-komponen bulat berukuran kecil dan membengkokkan logam yang tipis. Alat ini dikeahui dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. 


Tang Cucut (Long Nose Plier)
Tang cucut adalah alat yang digunakan dalam pekerjaan di ruangan-ruangan sempit, untuk membengkokkan dan membentuk kabel atau lembaran besi lunak . Rahangnya berukuran panjang dan diruncingkan dengan permukaan penggenggam yang bergerigi tajam.


Tang Sambungan Slip (Slip Joint Pliers)
Tang sambungan slip adalah alat yang digunakan untuk mencengkeram komponen-komponen kecil atau bisa diperbesar untuk mencengkeram komponen-komponen yang lebih besar. Salah satu pegangannya mempunyai lubang yang kecil dan pegangan lainnya mempunyai lubang pin yang bias digeser (pivot pin).


Tang Air (Interlocking joint plier/Multi Grip)
Tang air adalah alat yang digunakan untuk menjepit benda bundar atau bengkok dengan sangat kuat. Multi grip pliers mempunyai kelebihan yang sama seperti slip joint pliers namun dengan pemilihan ukuran jepitan yang lebih besar. Interlocking joint plier terdiri dari tiga bagian utama: stationary jaw, adjustable jaw dan pivot pin serta nut. Stationary jaw memiliki lima slot melengkung yang pas dengan curved teeth pada adjustable jaw. Jaw berada pada sudut 450 dengan handle untuk memberikan cengkeraman tambahan pada benda kerja ketika daya diaplikasikan untuk memutar bidang yang dikerjakan.


Tang Buaya (Vice Grip atau Locking Pliers).
Tang Buaya adalah alat yang digunakan sebagai sekrup bangku (vice) portable berukuran kecil untuk menahan komponen yang dilas, diruncingkan, dibor atau dipotong.


Tang Sirklip Luar (External Circlip Pliers)
Tang Sirklip Luar adalah alat yang digunakan untuk melepaskan dan memasang external circlip seperti yang akan digunakan untuk menahan bearing pada shaft. Alat ini mempunyai gerakan ganda, sehingga pada saat tangan Anda menutup, jaw terbuka.


Tang Sirklip Dalam (Internal Circlip Pliers)
Tang SirklipDalam adalah alat yang digunakan untuk melepaskan atau memasang internal circlip yang digunakan untuk menahan beberapa gudgeon pin di dalam piston.


Dan itulah beberapa jenis jenis tang semoga artikel ini dapat membantu anda

8 comments: