Wednesday, December 5, 2018

Fungsi Dongkrak Botol (Bottle jack)


Fungsi Dongkrak Botol (Bottle jack)
Dongkrak Botol adalah dongkrak yang berfungsi  untuk mengangkat kendaraan diman dingkrak ini berbentuk seperti botol. Dongkrak ini disebut bottle jack karena bentuknya seperti botol. Fungsi bottle jack sama seperti crocodile jack, yaitu untuk mengangkat kendaraan pada ketinggian tertentu untuk dapat melakukan perbaikan pada bagian bawah kendaraan. Perbedaannya adalah penggunaan bottle jack dapat dimasukkan ke dalam kendaraan Sebagai perlengkapan utama kendaraan yang mutlak dibutuhkan untuk mengganti roda (ban) sewaktu ban kempis/ bocor.Untuk mendongkrak sebuah kendaraan, dongkrak harus diletakkan tegak lurus pada torak pengangkatnya supaya tidak menjadi bengkok.

Cara Menggunakan Dongkrak Botol
Langkah pertama siapkan dongkrak botol dan pastikan dongkrak bekerja dengan baik, pastikan tempat untuk mendongkrak rata dan keras.
 

Pasang dongkrak pada sasis mobil, pastikan berada tepat di bawah sasis. Jika donkrak kurang panjang maka bisa memutar ulir dongkrak yang ada di bottomnya.
 

Langkah selanjutnya kencangkan baut pengunci angin pada dongkrak agar dongkrak bisa di gunakan.
 

Setelah terkunci degan baik pasang tuas pada lubang tuas dongkrak, dan tekan tuas dongkrak hingga mobil terangkat.
 

Setelah terangkat, Gunakan jack Stand agar lebih aman. Pasang jack stand tepat di bawah sasis mobil di sebelah dongkrak.

Setelah jack stand terpasang lepas dongkrak dengan cara mengendorkan baut pengunci hingga dongkrak bisa turun.
 

No comments:

Post a Comment