Thursday, December 6, 2018

Fungsi Tang Sirklip dan Penggunaanya


Fungsi Tang Sirklip dan Penggunaanya
Tang sirklip adalah perakatan Hand Tools yang di gunakan untuk melepas Sirklip. Sirklip adalah sebuah pengunci yang berbentuk linkaran seperti ring dan terdapat dua lubang di ringnya tersebut. Pada dasarnya tang sirklip di gunakan untuk untuk melepas sirklip menekannya atau meregangkannya. Sirklip sendiri berfungsi untuk mengunci atau menahan as atau saft. Tang sirklip di bedakan menjadi dua yakni tang sirklip dalam dan tang sirklip luar.
Tang Sirklip Luar (External Circlip Pliers)
Tang Sirklip Luar adalah alat yang digunakan untuk melepaskan dan memasang external circlip seperti yang akan digunakan untuk menahan bearing pada shaft. Alat ini mempunyai gerakan ganda, sehingga pada saat tangan Anda menutup, jaw terbuka.
 
Tang Sirklip Dalam (Internal Circlip Pliers)
Tang Sirklip Dalam adalah alat yang digunakan untuk melepaskan atau memasang internal circlip yang digunakan untuk menahan beberapa gudgeon pin di dalam piston.
 
Cara Menggunakan Tang Sirklip
Langkah pertama analisa terlebih dahulu apakah anda ingin melepas sirklip dalam atau sirklip luar. Agar anda bisa memilih tang mana yang akan anda gunakan tang sirklip dalam atau tang sirklip luar.
 

Pastikan tang sirklip anda terdapat lekukannya di ujung tang tersebut, agar bisa melepas dengan baik.
 

Jika belum ada lekukan anda bisa mengkikirnya agar lebiih mudah saat di gunakan.
 

Langkah selanjutnya masukkan ujung tang sirklip ke lubang sirklip.
 

Kemudian angkat tekan tang sirklip tersebut dan anda bisa melepasnya.
 


No comments:

Post a Comment