Thursday, November 8, 2018

Pengertian Mesin 4 Tak Dan 2 Tak


Pengertian Mesin 4 Tak Dan 2 Tak
Mesin adalah tempat berlangsungnya pembentukan energi bagi kendaraan. Dengan adanya pembentukan energi yang dihasilkan, memungkinkan kendaraan dapat bergerak. Untuk dapat bekerja dengan baik, mesin memiliki konstruksi yang utuh dan solid sehingga memungkinkan terjadinya suatu proses pembakaran yang menghasilkan tenaga gerak.  Pada dasarnya mesin sepeda motor dibedakan menjadi 2 yakni mesin 4 tak (stroke) dan mesin 2 tak (stroke). Pada dasarnya kata tak adalah langkah piston baik naik maupun turun, berikut adalah pengertian mesin 4 tak dan 2 tak:

Mesin 4 tak atau mesin 4 langkah (four stroke)
Mesin 4 langkah adalah motor yang setiap satu siklus kerja memerlukan 4 langkah piston/torak atau dua kali putarn poros engkol menghasilkan satu kali usaha. Siklus mesin 4 langkah akan di jelaskan Sebagai berikut
1. Langkah isap merupakan langkah masuknya bahan bakar dan udara ke ruang bakar. Dimana piston bergerak dari TMA ke TMB dan katup in terbuka dan katup out tertutup seperti gambar berikut:

2. Langkah kompresi merupakan langkah pemampatan bahan bakar pada ruang bakar. Dimana piston bergerak dari TMB ke TMA dan katup in dan out tertutup seperti gambar berikut:

3. Langkah usaha merupakan langkah dimana piston turun dari TMA ke TMB karena suatu ledakan hasil pemampatan bahan bakar dan udara. Pada saat ini kedua katup tertutup seperti gambar berikut:

4. Langkah buang merupakan langkah dimana hasil sisa pembakaran pada ruang bakar di buang melalui katup out. Dimana piston bergerak dari TMB ke TMA seperti gambar berikut:



Mesin 2 tak atau mesin 2 langkah (two stroke)
Mesin 2 langkah adalah motor yang setiap satu siklus kerja memerlukan 2 langkah piston/torak atau satu kali putarn poros engkol menghasilkan satu kali usaha. Siklus mesin 2 langkah akan di jelaskan Sebagai berikut:
1. langkah kompresi dan isap merupakan langkah dimana piston bergerak dari TMB ke TMA sehingga terjadi dua langkah yang berbeda secara bersamaan. Langkah kompresi terjadi pada bagian atas piston dan langkah isap terjadi pada bagian bak engkol seperti gambar berikut:


2. langkah usaha dan buang merupakan langkah dimana piston bergerak dari TMB ke TMA sehingga terjadi dua langkah yang berbeda secara bersamaan. Langkah usaha dan buang terjadi pada saat piston turun seperti gambar berikut:



No comments:

Post a Comment