Pengertian
Mesin 4 Tak Dan 2 Tak
Mesin
adalah tempat berlangsungnya pembentukan energi bagi kendaraan. Dengan adanya
pembentukan energi yang dihasilkan, memungkinkan kendaraan dapat bergerak.
Untuk dapat bekerja dengan baik, mesin memiliki konstruksi yang utuh dan solid
sehingga memungkinkan terjadinya suatu proses pembakaran yang menghasilkan
tenaga gerak. Pada dasarnya mesin sepeda
motor dibedakan menjadi 2 yakni mesin 4 tak (stroke) dan mesin 2 tak (stroke).
Pada dasarnya kata tak adalah langkah piston baik naik maupun turun, berikut
adalah pengertian mesin 4 tak dan 2 tak:
Mesin 4 tak atau
mesin 4 langkah (four stroke)
Mesin
4 langkah adalah motor yang setiap satu siklus kerja memerlukan 4 langkah
piston/torak atau dua kali putarn poros engkol menghasilkan satu kali usaha.
Siklus mesin 4 langkah akan di jelaskan Sebagai berikut
1. Langkah isap merupakan langkah
masuknya bahan bakar dan udara ke ruang bakar. Dimana piston bergerak dari TMA
ke TMB dan katup in terbuka dan katup out tertutup seperti gambar berikut:
2. Langkah
kompresi merupakan langkah
pemampatan bahan bakar pada ruang bakar. Dimana piston bergerak dari TMB ke TMA
dan katup in dan out tertutup seperti gambar berikut:
3. Langkah usaha merupakan langkah dimana piston turun dari TMA ke TMB
karena suatu ledakan hasil pemampatan bahan bakar dan udara. Pada saat ini
kedua katup tertutup seperti gambar berikut:
4. Langkah buang merupakan langkah dimana hasil sisa pembakaran pada ruang
bakar di buang melalui katup out. Dimana piston bergerak dari TMB ke TMA
seperti gambar berikut:
Mesin 2 tak atau
mesin 2 langkah (two stroke)
Mesin
2 langkah adalah motor yang setiap satu siklus kerja memerlukan 2 langkah
piston/torak atau satu kali putarn poros engkol menghasilkan satu kali usaha. Siklus
mesin 2 langkah akan di jelaskan Sebagai berikut:
1. langkah
kompresi dan isap merupakan langkah
dimana piston bergerak dari TMB ke TMA sehingga terjadi dua langkah yang
berbeda secara bersamaan. Langkah kompresi terjadi pada bagian atas piston dan langkah
isap terjadi pada bagian bak engkol seperti gambar berikut:
2. langkah usaha
dan buang merupakan langkah
dimana piston bergerak dari TMB ke TMA sehingga terjadi dua langkah yang
berbeda secara bersamaan. Langkah usaha dan buang terjadi pada saat piston
turun seperti gambar berikut:
No comments:
Post a Comment