Sunday, December 2, 2018

Pengertian Busi Dingin dan Busi Panas


Pengertian Busi Dingin dan Busi Panas
Busi Merupakan komponen yang berfungsi Sebagai tempat loncatkan bunga api listrik tegangan tinggi didalam ruang bakar dan membakar campuran bahan bakar dan udara yang sudah dikompresikan .Bunga api listrik meloncat diantara elektrode tengah yang diisolasi dengan keramik ke sebuah atau lebih elektrode massa. Busi di bedakan menjadi 2 jenis yakni busi dingan dan busi panas.
 

  • Busi dingin (cold type) adalah Busi yang dapat menyalur-kan/membuang panas lebih banyak dan lebih cepat. Busi dingin sangat cocok di guanakan untuk kendaraan yang ber CC besar karena mengurangi terjadinya overhead.

 

  • Busi panas (hot type) adalah busi yang lebih sedikit/susah menyalurkan panas. Busi ini cocok di gunakan untuk di Negara bersalju karena busi ini bisa menyimpan panas sehingga mengurangi terjadinya pembekuan busi

 

Perbandingan Antara Busi Dingin Dan Busi Panas
Busi Panas
Busi Dingin
Luas permukaan kaki isolator besar
Luas permukaan kaki isolator kecil
Banyak menyerap panas
Sedikit menyerap panas
Lintasan pemindahan panjang, yang berakibat pemindahan panas sedikit
Lintasan pemindahan panas pendek, sehingga cepat menimbulkan panas

Idealnya busi yang bagus adalah busi yang mempunyai karakteristik yang dapat beradaptasi terhadap semua kondisi operasional mesin mulai dari kecepatan rendah sampai kecepatan tinggi. Busi dapat bekerja dengan baik bila suhu elektroda tengahnya sekitar 4000C sampai 8000C. Pada suhu tersebut karbon pada insulator akan terbakar habis. Batas suhu operasional terendah dari busi disebut dengan self-cleaning temperature (busi mencapai suhu membersihkan dengan sendirinya), sedangkan batas suhu tertinggi disebut dengan istilah pre-ignition.


No comments:

Post a Comment