Wednesday, November 21, 2018

Pengertian Transistor Dan Jenisnya


Pengertian Transistor Dan Jenisnya
Transistor adalah suatu komponen elektronika yang dapat memutuskan atau mengalirkan aliran arus yang besar dengan hanya memeerlukan pengendalian arus listrik yang relative sangat kecil, dengan mengubah resistansi lintasannya. Kemampuannya yang di miliki Transistor hampir sama dengan relay.

Kelebihan dari transistor
  • Arus pengendali pada lebih kecil sehingga lebih mudah mengendalikannya.
  • Ukuran relatif lebih kecil dan kompak dibanding relay.
  • Dapat bekerja pada tegangan kerja yang bervariasi.
  • Tidak menggunakan kontak mekanis, sehingga tidak menimbulkan percikan api dan lebih tahan lama.


Kekurangan Dari Transistor
  • Kesalahan penghubungan kaki transistor akan berakibat kerusakan permanen.
  • Panas yang dihasilkan pada transistor lebih besar sehingga bila tidak diberi pendinginan yang cukup, akan memperpendek usia transistor.


Jenis-Jenis Dari Transistor
Transistor di bedakan menjadi dua jenis yakni tipe NPN(Negative Positive Negative) dan tipe PNP (Positvf Negative Positive). Pada Transistor tersebut perbedannya hanya arus pengendaliannya dimana Transistor jenis PNP hanya mengendalikan arus positive dan Transistor jenis NPN hanya mengendalikan arus negative. 


Untuk menentukan apakah suatu transistor adalah NPN atau PNP tidak dapat secara fisik. Kita dapat melihat dari kode dan mencocokkannya dengan Transistor handbook. Pada transistor terdapat dua aliran arus lsitrik, yaitu arus dari kaki Basis ke Emitor ( atau sebaliknya ) yaitu IB-E dan arus yang mengalir dari Kolektor ke Emitor ( atau sebaliknya ) yaitu IC-E.
Penerapan transistor dalam sistem kelistrikan banyak digunakan sebagai saklar elektronik. Adapun cara kerja transistor secara ringkas adalah: jika ada arus pemicu (arus kecil) yang mengalir dari Basis ke Emitor maka arus yang besar akan mengalir dari Kolektor ke Emitor (untuk jenis NPN) atau jika ada arus pemicu (arus kecil) dari Emitor ke Basis, maka arus yang besar akan mengalir dari Emitor ke Kolektor (untuk jenis PNP).


No comments:

Post a Comment