Tuesday, October 9, 2018

Pengertian Mesin Bor Dan Cara Menggunakannya


Pengertian Mesin Bor Dan Cara Menggunakannya
Mesin bor adalah suatu alat yang di gunakan untuk membuat lubang yang dimana bentuknya menyerupai pistol.  Bor portable atau disebut juga bor tangan memiliki spesifikasi berdasarkan ukuran chuck, ukuran motor (hp), dan kecepatan (rpm). Portable drill umumnya berbentuk pistol besar, dengan drill cover terbuat dari plastic atau logam. Chuck berada pada ujung drill. Chuck membuka dan menutup sesuai dengan ukuran mata bor (drill bit) yang berbeda. Untuk mengatur ukuran chuck, dan mengencangkan sebuah chuck key dimasukkan ke dalam lubang kecil pada chuck. Chuck key diputar searah jarum jam untuk menutup, berlawanan arah jarum jam untuk membuka. Terdapat lubang udara kecil untuk inlet dan outlet pada rumah bor (drill case) sehingga memungkinkan udara mengalir melalui  motor. Di atasnya terdapat sebuah plat serial number dengan informasi tingkat kecepatan (rpm).


Perawatan
Jagalah kebersihan drill dari kotoran dan oli. Periksa kabel listrik apakah ada yang terkelupas dan mengalami kerusakan lainnya. Pastikan bahwa semua bolt dan fitting terpasang dengan kuat. Periksa operasi trigger dengan melepaskan plug. Gunakan hanya chuck key untuk mengencangkan chuck.

Keselamatan Kerja
Pada gambar di atas, drill bit menggunakan key chuck. Setelah mengencangkan drill bit di dalam chuck dengan key, lepaskan key chuck sebelum mulai mengebor. Jika tidak melepaskan key, maka key dapat terlempar dari chuck dan menyebabkan cidera. Dan pada saat mengebor  Pastikan memakai safety equipment yang benar sebelum mulai bekerja. Kaca mata pelindung (goggle) dan ear protector biasanya sudah mencukupi. Jika menggunakan sikat baja (wire brush) untuk membuang karbon, karat atau gasket yang rusak, harus mengenakan full face protection untuk melindungi diri dari partikel yang terlempar.

Menggunakan Mesin Bor
  • ·         Pertama tentukan bidang yang mau di bor misalnya besi, tembok atau kayu.
  • ·         Setelah itu tentukan diameter untuk lubang yang akan di bor.
  • ·         Setelah menentukan diameter yang akan di bor maka pilih lah jenis mata boe atau drill
  • ·         Pasang mata bor pada ujung bor dan lakukan penguncian atau key agar mata bor tidak lepas saat di gunakan
  • ·         Setelah itu gunakan penitik untuk membuat cekungan pada bidang yang mau di bor
  • ·         Setelah itu pegang bor dan tekan tombol on pada bor dan arahkan kepada hasil yang di kasih titik tersebut.


Itulah pengertian dan cara menggunakan mesin bor semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment