Friday, December 28, 2018

Pengertian Rem Tromol Dan Komponenya



Rem tromol adalah sistem rem yang telah menjadi metode pengereman standar yang digunakan sepeda motor kapasitas kecil pada sederhana dan murah. Konstruksi rem tromol pada umumnya terdiri dari  omponen-komponen seperti di bawah ini:
  • sepatu rem (brake shoe),
  • tromol (drum)
  • pegas pengembali (return springs)
  • tuas penggerak (lever)
  • dudukan rem tromol (backplate)

 


Cara Kerja Sistem Rem Tromol
Pada saat kabel atau batang penghubung (tidak ditarik), sepatu rem dan tromol tidak saling kontak. Tromol rem berputar bebas mengikuti putaran roda.Tetapi saat kabel rem atau batang penghubung ditarik, lengan rem atau tuas rem memutar cam/nok pada sepatu rem sehingga sepatu rem menjadi mengembang dan kanvas rem (pirodo)nya bergesekan dengan tromol. Akibatnya putaran tromol dapat ditahan atau dihentikan, dan ini juga berarti menahan atau menghentikan putaran roda seperti yang terlihat gambar di bawah ini.
 

Jenis Pengoperasian Rem Tromol
Rem tromol tipe single leading shoe adalah tipe rem yang paling sederhana karna hanya mempunyai sebuah cam/nok penggerak untuk menggerakkan dua buah sepatu rem. Pada ujung sepatu rem lainnya dipasang pivot pin (pasak) sebagai titik tumpuan sepatu rem.
 
Rem tromol tipe two leading shoe adalah tipe rem yang menghasilkan gaya pengereman kira-kira satu setengah kali single leading shoe. Terutama digunakan sebagai rem depan, tetapi baru-baru ini digantikan oleh disk brake (rem cakram). Rem tipe ini mempunyai dua cam/nok dan ditempatkan di masing-masing ujung dari leading shoe dan trailing shoe. Cam tersebut bergerak secara bersamaan ketika rem digunakan melalui batang penghubung yang bisa distel. Setiap sepatu rem mempunyai titik tumpuan tersendiri pivot) untuk menggerakkan cam.
 

No comments:

Post a Comment