Sunday, October 21, 2018

Alat Bantu Las


Alat Bantu Las
1. Kabel Las
Kabel las digunakan menyalurkan listrik dari trafo las dan dibuat dari tembaga/paduan tembaga yang dipilin (kabel serabut) supaya tidak kaku dan dibungkus dengan isolasi. Kabel las, ada 3 macam. Kabel tenaga Kabel tenaga ialah kabel yang menghubungkan trafo las ke jaringan listrik. Kabel elektroda Kabel elektroda ialah kabel yang menghubungkan trafo las dengan penjepit elektroda. Kabel massa Kabel massa ialah kabel yang menghubungkan trafo las dengan benda kerja.

2. Pemegang Elektroda
Pemegang elektroda atau penjepit elektroda digunakan untuk menjepit elektroda pada waktu mengelas. Elektroda dijepit pada bagian pangkalnya, yang tidak bersalut. Bagianbagian tertentu dari pemegang elektroda harus diisolasi agar terhindar dari sengatan aliran listrik.


3. Palu Las
Palu las atau palu terak berfungsi untuk membersihkan terak dan percikan las. Hatihatilah waktu membersihkan terak dan percikan las, pakailah kaca mata bening untuk melindungi mata.


4. Sikat Baja
Sikat baja dipakai untuk membersihkan benda kerja yang akan dilas dan membersihkan terak las setelah lepas dari jalur las karena dipukul.


5. Klem Massa
Klem massa adalah alat untuk menghubungkan kabel masa dari trafo las dengan benda kerja. Sekalipun klem massa dan kabel massa sudah dibuat dari bahan yang dapat dialiri listrik dengan baik, benda kerja yang akan dijepit harus dibersihkan dari karat, cat dan minyak agar arus listrik tidak terganggu.

6. Penjepit
Penjepit digunakan untuk memegang benda kerja yang masih panas baik benda itu sedang dibersihkan atau dipindahkan.

Itulah beberapa alat bantu yang di gumakan saat mengelas Disamping peralatan-peralatan di atas, masih banyak peralatan lain yang dipergunakan seperti : alat ukur, palu, penggores, pahat dingin, kikir, penitik pusat, dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment