Friday, February 15, 2019

Fungsi Bearing dan Jenis-jenis Bearing



Bearing (Bantalan) adalah suatu bagian atau komponen yang berfungsi untuk menahan/mendukung suatu poros agar tetap pada kedudukannya. Bearing mempunyai elemen yang berputar dan bagian yang diam saat bekerja yang terletak antara poros dan rumah bearing. Ada juga komponen lain yang fungsinya sama tetapi tidak mempunyai elemen yang berputar yang disebut dengan bantalan luncur (bushing).

Pada setiap peralatan Anda akan menemukan bearing yang digunakan dalam berbagai hal. Jika beban ringan, bearing yang digunakan sangat sederhana dan dilubrikasi dengan cara yang sederhana pula. Jika bebannya berat dan konstan, bearing sangat diperlukan dan lubrikasi sangat penting. Sebuah lubang yang dibor, yang menahan sebuah shaft, merupakan bearing luncur yang cukup cocok untuk sejumlah pemakaian. Aplikasi yang lain memerlukan bearing anti gesekan atau material bearing khusus dengan lubrikasi tekanan.
Bearing luncur bisa mengalami gesekan roller, yang bisa dikurangi dengan lubrikasi. Jika shaft diam pada bearing, atau mengalami beban berat, oli akan terperas keluar, dan keausan akan terjadi akibat gesekan.

Jenis-jenis Bearing
Ball bearing (bola) adalah bantalan gelinding yang menggunakan bolabola baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
 

Cylinder bearing (silinder) adalah bantalan gelinding yang menggunakan silinder-silinder baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
 

Barrels bearing (tong) adalah bantalan gelinding yang menggunakan pipa-pipa baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
 

Taper bearing (kerucut) adalah bantalan gelinding yang menggunakan bola-bola baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
 

Needle bearing (jarum) adalah bantalan gelinding yang menggunakan bola-bola baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
 

No comments:

Post a Comment